BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Berita / KEGIATAN BIDANG PENDIDIKAN

KEGIATAN BIDANG PENDIDIKAN

SISFO (Scout Discussion Forum/ Forum Diskusi Kepramukaan)

Latar Belakang

Dunia pendidikan saat ini semakin berkembang pesat. Berbagai mata pelajaran beserta ekstra kurikuler siswa juga semakin beragam. Siswa dapat memilih berbagai macam ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar ada beberapa ekstrakurikuler yang dapat diikuti siswa agar mereka mampu mengembangkan bakat dan minatnya. Salah satu dari ekstra kurikuler yang saat ini menjadi ekstra kurikuler wajib di berbagai Sekolah dasar adalah Pramuka.

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dianggap ideal untuk digeluti oleh para siswa mulai dari jenjang pendidikan dasar. Pramuka nantinya dapat membentuk karakter anak menjadi lebih nasionalis, berani, bertanggung jawab, dan kepribadian positif lainnya yang sangat bermanfaat untuk menciptakan karakter anak. Sebagai calon pendidik di Sekolah Dasar tentunya mahasiswa PGSD juga harus bisa untuk menjadi pembina pramuka di sekolah tersebut. Tidak hanya menjadi pembina tetapi harus mencontohkan sikap yang baik kepada siswa dan juga harus dapat mengajarkan mengenai materi kepramukaan.

Kegiatan diskusi kepramukaan ini merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa dan calon pendidik sebagai bekal dalam mengajar pramuka di Sekolah Dasar. Kegiatan ini mengambil tema “Mengembangkan Wawasan Kepramukaan sebagai Dasar Bina Diri, Bina Satuan, dan Bina Masyarakat.”

Tujuan

Adapun tujuan dari diadakannya SISFO adalah :

  1. Meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan pendidik mengenai kepramukaan di berbagai jenjang pendidikan.
  2. Meningkatkan upaya dalam mengembangkan minat siswa di bidang kepramukaan

Acara Kegiatan

Kegiatan ini diadakan dikampus setiap hari jumat pada hari jumat jam 18.30 bertempat menyesuaikan situasi dan kondisi. Anggota dari kegiatan sisfo adalah anggota dari binsat. Pada kegiatan ini kami undangkan dari anggota pramuka pusat Universitas jember untuk memberikan materi. Pertemuan Sisfo ini dimulai dengan berdoa bersama dan kemudian pemateri menyampaikan tentang ilmu kepramukaan yang nantinya akan diterapkan di SD Binsat. Selanjutnya, ada proses tanya jawab bagi anggota. Kegiatan ini tentunya tidak hanya teori karena kegiatan pramuka ini pastinya lebih langsung terjun praktik. Dengan kegiatan sharing kepramukaan ini juga menyusun konsep pembelajaran yang kreatif, menyenangkan dan tidak membosankan. Kegiatan diakhiri dengan penutup dan do’a pada pukul 20.00 WIB.

About mercusuar

Sory Boss

Semarak Diesnatalis PGSD UNEJ ke-26 Tahun

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Jember merayakan hari ulang tahun yang ke-26 Jumat (20/10) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *