BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Kegiatan Mahasiswa / BIDANG KEAGAMAAN

BIDANG KEAGAMAAN

KAJIAN KEMUSLIMAHAN (KAMUS)

Latar belakang

Bila dilihat untuk kondisi saat ini, di zaman  globalisasi yang banyak orang tahu adalah zaman kebebasan dari segala aspek. Sehingga norma-norma dan kebudayaan asing banyak yang masuk dalam budaya kita terlebih lagi untuk mahasiswa/i. Banyak sekali penghalang untuk mahasiswa mencari ilmu dari dampak globalisasi ini. Salah satu penghalang dari dampak globalisasi ini adalah semakin maraknya seks bebas. Kebebasan bergaul dikalangan remaja terlebih lagi tingkatan mahasiswa/i ini sudah sampai ke tahap yang mengkhawatirkan. Remaja ini termasuk mahasiswa/i dengan bebas bergaul dengan lawan jenis. Tidak jarang dijumpai pemandangan disekitar kampus, banyak mahasiswa saling berangkulan mesra tanpa memperdulikan masyarakat sekitarnya, kos/kontrakan tidak hanya diperuntukkan untuk tempat tinggal/kerja kelompok antar mahasiswa bahkan sampai melakukan seks bebas disana, lebih parahnya lagi berita tahun 2017 kemarin ada bayi dibuang yang ditemukan di sungai Brantas akibat ulah sejoli mahasiswa. Kasus seperti ini banyak ditemui dikarenakan mahasiswa/i itu tidak faham bahayanya seks dan pentingnya masa depan. Padahal generasi muda adalah harapan bagi bangsa yang di masa depan mampu meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini, terlebih lagi dan lebih penting untuk kepentingan nama baik Universitas, fakultas, prodi dan keluarga.

Oleh karena itu, menanggulangi kasus-kasus tersebut seharusnya mahasiswa saat belajar di kota orang/tidak tinggal bersama orang tua, selain belajar untuk kuliah juga harus diselingi dengan diberikannya pencerahan berupa ilmu agama yang membuka fikiran para mahasiswa untuk tidak sekali-kali melakukan hal-hal yang keluar batas bahkan tidak mendekati batas yang nantinya harapannya bagi kami, terbentuknya karakter mahasiswa/i yang berkualitas, cerdas, rajin, dan sukses untuk kehidupan dunia dan akhirat.

Kegiatan ini bersifat pengembangan, mahasiswi diberi wawasan yang bermanfaat bagi keseharian seterusnya selama hidup dan juga sebagai bekal untuk akhirat. Kami targetkan untuk kepada mahasiswi muslimah, karena seorang wanita sangat berharga dan wanita adalah fitnah (godaan) bagi kaum lelaki. Jika wanita berkarakter baik, mempunyai komitmen dan juga ilmu agama yang dibawanya, akan mengurangi peluang kaum lelaki untuk menggoda. Ditakutkannya jika tidak ada kesadaran dari mahasiswi, akan terjerumus kedalam kasus diatas. Program kerja ini merupakan kerjasama antara UKKI MASA dan HMPS Biologi “lumba-lumba” FKIP Universitas Jember.

 Tujuan

  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Islam
  2. Sebagai wadah untuk diskusi tentang kemuslimahan
  3. Lebih mendekatkan diri kepada Allah swt
  4. Menjalin dan menjaga tali silaturahmi antar sesama muslim
  5. Mencari dan meraih ridha Allah swt

Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Sub kegiatan Hari, tanggal Materi Pemateri
Kamus I Jum’at, 3 maret 2017 Kemanakah kau bawa cantikmu ? Ustdz. Waqiatul Aqidah
Kamus II Jum’at, 17 maret 2017 Tetesan darah kaum hawa Indrawati Jauharotun N, S.Pd.
Kamus III Jum’at, 31 maret 2017 Info penting seputar beasiswa Erlia Narulita S.Pd., M.Si., P.Hd.
Kamus IV Jum’at, 14 april 2017 Yuk kunci lisan dari ghibah ! Septian Dwi Anggraini. S.Pd.
Kamus V Jum’at, 19 mei 2017 Menjaga hati sampai halal Indrawati Jauharotun N, S.Pd.
Kamus VI Jum’at, 8 sept 2017
Kamus VII Jum’at, 22 sept 2017
Kamus VIII Jum’at, 6 okt 2017
Kamus IX Jum’at, 20 okt 2017
Kamus X Jum’at, 3 nov 2017

 

About mercusuar

Sory Boss

BAKTI SOSIAL

KEGIATAN BIDANG SARANA DAN PRASARANA Kegiatan ini dilatarbelakangi sebagai bentuk kepedulian mahasiswa PGSD dalam berperan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *