Kemahasiswaan

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mercusuar Bondowoso yang disingkat menjadi HMPS PGSD Mercusuar Bondowoso merupakan salah satu organisasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Jember Kampus Bondowoso.

HMPS PGSD Mercusuar Bondowoso dibentuk oleh HMPS PGSD Mercusuar pada tahun 2017 di Universitas Jember Kampus Bondowoso dan diresmikan pada tanggal 18 Februari tahun 2019.

HMPS PGSD Mercusuar Bondowoso berstatus sebagai Organisasi Mahasiswa internal resmi yang merupakan cabang dari HMPS PGSD Mercusuar sehingga memiliki naungan dan bimbingan yang sama yaitu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

HMPS PGSD Mercusuar Bondowoso mempunyai fungsi yang sama dengan HMPS PGSD Mercusuar, yaitu:

  1. Menjadi wadah kegiatan, menganalisis, dan menyalurkan gagasan, serta aspirasi mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jember yang berada di Kampus Bondowoso.
  2. Mempererat tali silaturahmi antarmahasiswa PGSD FKIP Universitas Jember Kampus Bondowoso.
  3. Meningkatkan komunikasi dan kerja sama dengan lembaga, instansi, dan/atau organisasi lain di lingkup pendidikan atau diluar lingkup pendidikan.
  4. Menjunjung tinggi serta menjaga nama baik almamater PGSD FKIP Universitas Jember Kampus Bondowoso.

 

Adapun tujuan umum terbentuknya organisasi HMPS PGSD Mercusuar Bondowoso yaitu untuk mempererat tali silaturahmi antarmahasiswa PGSD FKIP Universitas Jember Kampus Bondowoso dan mahasiswa lain di Indonesia dengan berbagai wawasan, pengetahuan, dan informasi agar dapat berkembang menjadi Organisasi Mahasiswa yang bersifat nurani, demokratis, transparan, adil, dan intelektual.

Adapun tujuan khusus terbentuknya organisasi HMPS PGSD Mercusuar Bondowoso antara lain:

  1. Menyelenggarakan kegiatan yang mampu mempererat hubungan antarmahasiswa PGSD FKIP Universitas Jember Kampus Bondowoso dan Mahasiswa PGSD se-Indonesia.
  2. Mengkaji isu pendidikan dan kebijakan Pemerintah mengenai Pendidikan pada umumnya dan pendidikan dasar pada khususnya.
  3. Menyinergikan aspirasi seluruh mahasiswa PGSD agar gagasan maupun pendapat dapat menjadi pertimbangan dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
  4. Menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

 

Berikut adalah jajaran kepengurusan HMPS PGSD Mercusuar Bondowoso Masa Bhakti 2021-2022.

 

DATA PRESTASI TAHUN 2020

DATA PRESTASI TAHUN 2021

DATA PRESTASI TAHUN 2022