Akademik

No

Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Aspek Sikap

 

S (1)

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. (A5)

Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab dan religius. (A5)

Menunjukkan sikap peduli terhadap kelestarian budaya Indonesia sebagai pengejawantahan sikap cinta tanah air. (A5)

Aspek Pengetahuan

 

P (2)

Menguasai pengetahuan bidang studi di SD meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. (C5)

Menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK secara tematis dan taktis. (C3)

Mengkorelasikan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK dalam aplikasi kehidupan sehari-hari. (C5)

P (3)

Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di SD. (C5)

Mengklasifikasikan konsep dasar dan prosedur penelitian berdasarkan permasalahan pendidikan di SD. (C4)

Memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di SD. (C5)

Memecahkan permasalahan pendidikan di SD. Mengevaluasi penyelesaian permasalahan pendidikan di SD. (C6)

Aspek Keterampilan Umum

 

KU (4)

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, IPS, Bahasa Indonesia, IPS, dan PPKn). (P2)

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan kontek Pendidikan Guru SD. (P2)

Mengkreasikan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, IPS, Bahasa Indonesia, IPS, dan PPKn). (P5)

KU (5)

Bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (P5)

Menganalisis pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (P3-Mengendalikan, Memainkan)

Mengevaluasi penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (P4-Mengatasi)

Menentukan penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya supaya lebih efektif dan efisien. (P5)

Aspek Keterampilan Khusus

 

KK (6)

Menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di SD. (P2)

Menganalisis prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di SD. (P3)

Mengevaluasi perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di SD berdasarkan prinsip dan teori pendidikan. (P4)

Mengembangkan perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di SD berdasarkan prinsip dan teori pendidikan. (P5)

KK (7)

Menerapkan pengetahuan bidang studi di SD meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. (P2)

Menganalisis pengetahuan bidang studi di SD meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.

Mengevaluasi perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di SD. (P4)

Mengembangkan perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di SD. (P5)

KK (8)

Merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikan. (P5)

Menganalisis perencanaan dan pelaksanaan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikan. (P3)

Mengevaluasi perancangan dan pelaksanaan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikan. (P4)

Mengembangkan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikan. (P5)

KK (9)

Menerapkan layanan bimbingan konseling di SD. (P2)

Menerapkan layanan bimbingan konseling di SD. (P3)

Menganalisis layanan bimbingan konseling di SD agar selaras dengan tujuan pembelajaran.

Mengevaluasi layanan bimbingan konseling di SD agar selaras dengan tujuan pembelajaran. (P4)

Mengembangkan layanan bimbingan konseling di SD agar selaras dengan tujuan pembelajaran. (P5)

KK (10)

Menyelesaikan permasalahan dalam bidang Pendidikan SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal. (P5)

Menganalisis permasalahan dalam bidang Pendidikan SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal. (P3)

Mengevaluasi permasalahan dalam bidang Pendidikan SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal. (P4)

Mengembangkan permasalahan dalam bidang Pendidikan SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal. (P5)

 

SEMESTER I

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

Teori

Praktikum

Jumlah

1

KPD1101

Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia

3

 

3

2

KPD1102

Matematika Dasar

4

 

4

3

KPD1103

Konsep Dasar IPA

3

 

3

4

KPD1104

Konsep Dasar IPS

3

 

3

5

KPD1105

Konsep Dasar PKn SD

3

 

3

6

KPD1106

Bimbingan dan Konseling

2

 

2

7

MPK9001

Pendidikan Kewarganegaraan

2

 

2

8

KPU2403

Belajar dan Pembelajaran SD

2

 

2

Jumlah Beban Studi Semester I

  

22

 

SEMESTER II

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

 

Teori

Praktikum

Jumlah

 

1

KPD1201

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

3

 

3

 

2

KPD1202

Pendidikan IPA

3

 

3

 

3

KPD1203

Pendidikan IPS

3

 

3

 

4

KPD1204

Pendidikan Matematika

3

 

3

 

5

KPD1205

Pembelajaran Bahasa Daerah

2

 

2

 

6

KPD1206

Pendidikan Inklusi

2

 

2

 

7

KPU2402

Pengantar Teknologi Informasi

2

 

2

 

8

KPU2404

Perkembangan Belajar Peserta Didik

2

 

2

 

9

UNU9001

Pendidikan Pancasila

2

 

2

 

Jumlah Beban Studi Semester II

  

22

 

 

SEMESTER III

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

Teori

Praktikum

Jumlah

1

KPD1301

Praktikum IPA

 

2

2

2

KPD1302

Kajian IPS SD

3

 

3

3

KPD1303

Pemecahan Masalah Matematika

3

 

3

4

KPD1304

Kajian Bahasa Indonesia SD

3

 

3

5

KPD1305

Media Pembelajaran

2

 

2

6

KPD1306

Strategi Pembelajaran

2

 

2

7

KPD1307

Pendidikan Kepramukaan

2

 

2

8

KPU2401

Pengantar Pendidikan

2

 

2

9

KPU2405

Bahasa Inggris

2

 

2

10

MPK9007

Bahasa Indonesia

2

 

2

Jumlah Beban Studi Semester III

  

23

 

SEMESTER IV

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot sks

Teori

Praktikum

Jumlah

1

KPD1402

Asesmen Pembelajaran SD

3

 

3

2

KPD1403

Pengembangan dan Telaah Kurikulum SD

2

 

2

3

KPD1502

Perencanaan Pembelajaran SD

3

 

3

4

KPD1405

Teknik Penulisan Karya Ilmiah

2

 

2

5

KPD1406

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

3

 

3

6

KPD1407

Statistika Pendidikan

3

 

3

7

KPU2406

Pendidikan Lingkungan Hidup

2

 

2

8

KPU2407

Pengantar Manajemen dan Kewirausahaan

2

 

2

9

MPK9001

Pendidikan Agama

2

 

2

10.

KPD1601

Pembelajaran Mikro

1

1

2

Jumlah Beban Studi Semester IV

  

24

 

SEMESTER IV

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

Teori

Praktikum

Jumlah

 

1

KPD1501

Kapita Selekta Pembelajaran

2

 

2

 

2

KPD1610

Manajemen Kelas

2

 

2

 

3

KPD1503

Pembelajaran Kelas Rangkap

2

 

2

 

4

KPD1504

Penelitian Pendidikan SD

3

 

3

 

5

KPD1505

Pendidikan Multikultural

2

 

2

 

6

KPD1506

Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

2

 

2

 

7

KPD1507

Manajemen Berbasis Sekolah

2

 

2

 

8

KPD1508

Seni Rupa

2

 

2

 

9

KPU2408

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)

1

1

2

 

10

KPU2408

Profesi Keguruan

2

 

2

 

11

KPD1404

Pembelajaran Terpadu

2

 

2

 

Jumlah Beban Studi Semester V

  

23

 

 

SEMESTER VI

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

Teori

Praktikum

Jumlah

1

KPD1401

Sosiologi Pendidikan

2

 

2

2

KPD1602

Pengembangan Pendidikan IPS SD

2

 

2

3

KPD1603

Pengembangan Pembelajaran Matematika

2

 

2

4

KPD1604

Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

2

 

2

5

KPD1605

Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan

2

 

2

6

KPD1606

Pengembangan Pembelajaran IPA SD

2

 

2

7

KPD1607

Pendidikan Seni

3

 

3

8

KPD1608

Kajian Materi Esensial Matematika

2

 

2

9

KPD1609

Problematika Pembelajaran Matematika

2

 

2

10

KPD1610

Literasi Matematika

2

 

2

Jumlah Beban Studi Semester VI Keris Schimated-Matematika

  

21

 

SEMESTER VI

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

Teori

Praktikum

Jumlah

1

KPD1401

Sosiologi Pendidikan

2

 

2

2

KPD1602

Pengembangan Pendidikan IPS SD

2

 

2

3

KPD1603

Pengembangan Pembelajaran Matematika

2

 

2

4

KPD1604

Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

2

 

2

5

KPD1605

Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan

2

 

2

6

KPD1606

Pengembangan Pembelajaran IPA SD

2

 

2

7

KPD1607

Pendidikan Seni

3

 

3

8

KPD1611

Kajian materi esensial IPA

2

 

2

9

KPD1612

Problematika Pembelajaran IPA

2

 

2

10

KPD1613

Literasi Sains

2

 

2

Jumlah Beban Studi Semester VI Keris Schimated-IPA

  

21

 

SEMESTER VI

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

Teori

Praktikum

Jumlah

1

KPD1401

Sosiologi Pendidikan

2

 

2

2

KPD1602

Pengembangan Pendidikan IPS SD

2

 

2

3

KPD1603

Pengembangan Pembelajaran Matematika

2

 

2

4

KPD1604

Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

2

 

2

5

KPD1605

Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan

2

 

2

6

KPD1606

Pengembangan Pembelajaran IPA SD

2

 

2

7

KPD1607

Pendidikan Seni

3

 

3

8

KPD1614

Teori-teori sosial

2

 

2

9

KPD1615

Problematika pembelajaran IPS

2

 

2

10

KPD1616

Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal

2

 

2

Jumlah Beban Studi Semester VI Keris Soshed-IPS

  

21

 

SEMESTER VI

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

Teori

Praktikum

Jumlah

1

KPD1401

Sosiologi Pendidikan

2

 

2

2

KPD1602

Pengembangan Pendidikan IPS SD

2

 

2

3

KPD1603

Pengembangan Pembelajaran Matematika

2

 

2

4

KPD1604

Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

2

 

2

5

KPD1605

Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan

2

 

2

6

KPD1606

Pengembangan Pembelajaran IPA SD

2

 

2

7

KPD1607

Pendidikan Seni

3

 

3

8

KPD1617

Analisis data penelitian Humaniora

2

 

2

9

KPD1618

Problematika pembelajaran PKn

2

 

2

10

KPD1619

Pembelajaran PKn Berbasis Kearifan Lokal

2

 

2

Jumlah Beban Studi Semester VI Keris Soshed-PPKn

  

21

 

SEMESTER VI

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

Teori

Praktikum

Jumlah

1

KPD1401

Sosiologi Pendidikan

2

 

2

2

KPD1602

Pengembangan Pendidikan IPS SD

2

 

2

3

KPD1603

Pengembangan Pembelajaran Matematika

2

 

2

4

KPD1604

Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

2

 

2

5

KPD1605

Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan

2

 

2

6

KPD1606

Pengembangan Pembelajaran IPA SD

2

 

2

7

KPD1607

Pendidikan Seni

3

 

3

8

KPD1620

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

2

 

2

9

KPD1621

Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Berbasis Kearifan Lokal

2

 

2

10

KPD1622

Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

2

 

2

Jumlah Beban Studi Semester VI Keris INES (Bahasa Indonesia)

  

21

 

SEMESTER VII

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

 

Teori

Praktikum

Jumlah

 

1

KPU1721

KK-PLP

 

2

2

 

2

KPD1802

Skripsi

 

6

6

 

Jumlah Beban Studi Semester VII

  

8

Pedoman Akademik Universitas Jember

  UNDUH DISINI


Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Jember

 UNDUH DISINI