Tentang Prodi PGSD

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan Program Studi yang ada dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember. Prodi ini terdapat pada Universitas Jember Kampus Pusat dan Kampus Bondowoso. PGSD merupakan bidang ilmu yang memberi bekal tentang bagaimana caranya menjadi seorang pendidik sekaligus pengajar bagi siswa-siswi Sekolah Dasar. Guru Sekolah Dasar memiliki tanggungjawab untuk membangun kepribadian siswa sejak dini. Guru Sekolah Dasar juga memberikan pondasi ilmu yang berguna sehingga siswa siap untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Mahasiswa PGSD akan mempelajari hampir semua materi pelajaran dasar, seperti Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PPKn, Seni juga Keterampilan. Selain itu, mahasiswa PGSD juga akan mempelajari konsep dasar, pendidikan, hingga melakukan pemgembangan pembelajaran setiap mata pelajaran. Mahasiswa PGSD juga akan belajar mengenai bagaimana cara mengelola kelas, mengevaluasi kurikulum, menyusun bahan ajar, melakukan penilaian dan sebagainya.

Mahasiswa lulusan PGSD nantinya akan menjadi jembatan menuju kesuksesan dan juga menjadi sosok pahlawan tanpa tanda jasa bagi siswa-siswi Sekolah Dasar. Dengan menjadi Guru, siswa dapat terus meng-upgrade kemampuan akademiknya. Prospek kerja untuk lulusan PGSD memang dicetak jadi Guru. Tetapi tidak menutup kemungkinan dapat mencoba profesi lain di bidang pendidikan. Misalnya, menjadi seorang pakar yang memberikan pelatihan mengajar kreatif kepada guru-guru SD di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, dapat terjun menjadi konsultan dalam mengembangkan sekolah. Untuk gaji seorang pendidik pada umumnya Rp. 2.500.000 sampai Rp. 4.500.000 per bulan. Mahasiswa lulusan PGSD tidak hanya dapat bekerja menjadi guru atau tenaga pendidik saja, melainkan dapat menjadi Pegawai negeri Sipil (PNS), Konsultan Pendidikan, Dosen, Social Worker, Research and Development (RnD), Kepala Sekolah, Pegawai Bank, dan lain sebagainya.